Senin, 17 Juli 2023

Sofware Komputer

 




Apa Itu Software ?

Software adalah kumpulan instruksi atau program komputer yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Tujuan utama software adalah untuk memberikan solusi atau mempermudah pekerjaan dalam berbagai bidang. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan banyak software, seperti program pengolah kata, program penghitung, program desain grafis, dan banyak lagi.

Kegunaan software sangatlah beragam. Beberapa kegunaan umum software meliputi:

a)      Otomatisasi tugas: Software memungkinkan kita untuk mengotomatisasi berbagai tugas yang repetitif atau rumit. Misalnya, software akuntansi dapat membantu mengotomatisasi perhitungan dan pembuatan laporan keuangan.

b)      Peningkatan efisiensi: Dengan menggunakan software, kita dapat melakukan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien. Contohnya, software manajemen proyek dapat membantu mengatur jadwal, mengoordinasikan tim, dan melacak kemajuan proyek dengan lebih efisien.

c)      Penyimpanan dan pengolahan data: Software membantu dalam penyimpanan, pengolahan, dan analisis data. Contoh software seperti basis data memungkinkan kita untuk mengelola dan mengakses informasi dengan mudah.

Kelebihan software:

a)      Skalabilitas: Software dapat dengan mudah ditingkatkan dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Pengembang dapat menambahkan fitur baru atau meningkatkan kinerja software tanpa harus mengganti seluruh sistem.

b)      Efektivitas biaya: Dalam jangka panjang, software dapat menjadi lebih ekonomis daripada solusi manual atau perangkat keras khusus. Software dapat digunakan secara massal dengan biaya yang relatif rendah, dibandingkan dengan membeli dan memelihara perangkat keras fisik.

c)      Peningkatan produktivitas: Software yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Automatisasi tugas-tugas rutin atau kompleks memungkinkan pengguna untuk fokus pada tugas yang lebih penting dan kreatif.

d)      Aksesibilitas dan fleksibilitas: Software dapat diakses dari berbagai perangkat dan lokasi dengan koneksi internet. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk bekerja secara terpusat atau dari jarak jauh.

e)      Kemudahan penggunaan: Banyak software dirancang dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Pengguna dengan tingkat keahlian yang berbeda dapat dengan cepat belajar dan menggunakan software tersebut.

Kekurangan software:

a)      Ketergantungan pada teknologi: Software memerlukan perangkat keras yang memadai dan infrastruktur teknologi yang memadai untuk beroperasi dengan baik. Jika perangkat keras atau jaringan tidak memenuhi persyaratan, kinerja software dapat terpengaruh.

b)      Kompleksitas: Beberapa software dapat memiliki antarmuka atau fitur yang kompleks, membuatnya sulit dipahami atau digunakan oleh pengguna yang tidak berpengalaman. Dalam beberapa kasus, pelatihan atau dukungan tambahan mungkin diperlukan.

c)      Keamanan dan privasi: Software dapat menjadi target bagi peretas yang mencoba mencuri data sensitif atau merusak sistem. Perlindungan yang kuat harus diterapkan untuk mencegah serangan dan melindungi privasi pengguna.

d)      Ketergantungan pada pengembang: Jika suatu software dikembangkan oleh pihak ketiga, pengguna dapat mengalami ketergantungan pada pengembang tersebut untuk pembaruan, perbaikan bug, dan dukungan teknis. Ketika pengembang tidak lagi mendukung software tersebut, pengguna mungkin perlu mencari alternatif.

e)      Keterbatasan fungsionalitas: Tidak semua software memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin perlu mencari atau mengembangkan solusi khusus untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh software yang ada.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari software. Meskipun ada beberapa kekurangan, software tetap menjadi alat yang sangat berharga dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kemudahan dalam banyak aspek kehidupan kita.

 



Senin, 19 Juni 2023

Hardware Komputer


Hardware atau perangkat keras adalah bagian komputer yang dapat kita lihat dalam bentuk fisik. Hardware komputer terdiri dari komponen-komponen elektronik dan mekanis yang dirakit untuk membentuk modul-modul yang diberi nama sesuai dengan fungsinya.

Macam-macam hardware komputer:

  1. Mainboard atau Motherboard 

     Motherboard adalah bagian komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosesor, soket memori (RAM), soket kartu grafis (VGA card), dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA). BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input-output pada komputer. Bagian yang termasuk input seperti keyboard dan mouse, sedangkan bagian yang termasuk output seperti monitor dan printer.

    Beberapa merek motherboard yang terkenal adalah Asus, Gigabyte, Albatron, Abit, PCchips, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga motherboard bervariasi tergantung dari merek dan spesifikasinya. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah jenis soket prosesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, jumlah soket RAM, dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan merek tersebut.

  2. Processor (CPU) Processor adalah otak sentral dari sebuah komputer. Processor mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam hard disk. Dalam processor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah processor dalam mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi clock dinyatakan dalam Hertz (Hz).

    Contoh sebuah processor Intel Pentium 4 dengan frekuensi clock 2 GHz mampu mengerjakan 2 miliar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah processor, biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contohnya: Intel Pentium 4 2.0 GHz.

    Merek processor yang terkenal adalah Intel dan AMD. Intel adalah pabrik processor besar yang berasal dari California, USA. Intel semakin populer setelah memproduksi processor Intel Pentium. Selain Intel, sekarang ada AMD yang konon lebih baik dalam mode grafis, sehingga cocok untuk para gamer.

  3. Hard disk (HDD) Hard disk adalah media penyimpanan data permanen, sehingga data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Hard disk berisi sebuah cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran hard disk dinyatakan dalam byte (B), contohnya: 160 GB (160 miliar byte). Hard disk ditemukan pertama kali oleh Reynold Johnson pada tahun 1956. Hard disk pertama berukuran 4.4 MB.

    Sekarang ini dikenal dua macam hard disk, yaitu ATA dan SATA (Serial ATA). Hard disk ATA mempunyai koneksi 40 pin, sedangkan hard disk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin. Hard disk SATA lebih cepat daripada hard disk ATA, namun jika motherboard tidak mendukung koneksi SATA, kita tidak bisa menggunakan hard disk SATA. Saat ini, ukuran hard disk sudah sangat besar, seperti 500 GB, 750 GB, dan 1000 GB (1 TB - Terabyte).

    Merek hard disk yang terkenal adalah Seagate, Western Digital, Maxtor, Samsung, dll. Harga hard disk tergantung dari kapasitas penyimpanan data sebuah hard disk, semakin besar kapasitasnya, semakin mahal harganya.

  4. RAM (Random Access Memory) RAM adalah unit penyimpanan data tidak permanen, artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dalam byte (B), dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi, dalam RAM tidak hanya data saja, tetapi ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contohnya: RAM 512 MB PC667 memiliki ukuran data 512 MB dengan kecepatan akses 667 MHz.

    Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja, dan hard disk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita mengambil berkas dari lemari arsip lalu dipindahkan ke meja kerja untuk memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai, berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

    Contoh beberapa merek RAM adalah V-gen, Kingston, Visipro, Ramos, dll.

    Generasi RAM dari waktu ke waktu:

    • Static RAM (SRAM)
    • Non-Volatile RAM (NV-RAM)
    • Dynamic RAM (DRAM)
    • Synchronous DRAM (SDRAM)
    • DDR RAM (Double Data Rate RAM)
    • DDR2 RAM (DDR generasi kedua)
    • DDR3 RAM (DDR generasi ketiga)
  5. Optical drive (CD/DVD) Optical drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD/CD. DVD/CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.

    Ada dua jenis DVD atau CD:

    • DVD atau CD ROM (Read Only Memory), yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD/CD.
    • DVD atau CD RAM (Random Access Memory), yaitu bisa membaca dan menulis. DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (RW = Read Write).

    Contoh merek DVD/CD ROM atau RAM adalah LG, Samsung, Sony, Pioneer, dll.

  6. Floppy disk Floppy disk adalah media pembaca untuk disket. Saat ini mungkin disket sudah tidak populer. Namun, diakui atau tidak, disket turut memajukan dunia komputer selama beberapa dekade.

    Disket adalah media penyimpan data portabel yang bisa dibawa-bawa. Disket terbuat dari sebuah cakram plastik magnetik. Ukuran disket sudah distandarkan, contohnya: 1.2 MB, 1.44 MB.

    Dalam struktur drive pada Microsoft Windows, disket selalu menempati drive terhormat, yaitu drive A.

  7. VGA CARD (Kartu Grafis) VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan oleh ukuran RAM-nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card, maka semakin halus gambar yang dihasilkan.

    Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu:

    • VGA Card PCI (Peripheral Component Interconnect)
    • VGA Card AGP (Accelerated Graphics Port)
    • VGA Card PCI-E (PCI Express)

    Merek VGA yang terkenal adalah ATI, NVIDIA, S3, SIS, dan Trident.

  8. Sound Card Sound Card adalah bagian yang mendekode data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan sound card, maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi lebih meluas.

    Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli atau Hi-Fi (Hi-Fi = High Fidelity).

    Contoh merek sound card yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek, Cmedia, dll.

  9. Keyboard Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter, dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.

    Tombol-tombol pada keyboard mengikuti model tombol pada mesin ketik manual. Tombol keyboard yang paling terkenal adalah tombol ENTER, tombol ini adalah tombol untuk memasukkan data setelah diketik.

  10. Mouse (Pointing Device) Mouse adalah sebuah alat penunjuk untuk mengakses melalui layar monitor.

    Dengan mouse, penggunaan komputer menjadi lebih interaktif, dan menggambar melalui komputer menjadi semakin mudah.

  11. Monitor Monitor adalah media tampilan gambar hasil output dari VGA Card. Dahulu, monitor komputer dimulai dengan monitor tabung hitam-putih, monitor warna CGA, VGA, dan SVGA.

    Kini, monitor yang sedang populer adalah monitor LCD. LCD memiliki beberapa kelebihan, antara lain: tipis, hemat biaya, dan tingkat radiasi yang rendah.

  12. Printer Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer ke dalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrix, tinta, dan laserjet.

    Dahulu, printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen, namun kini printer sudah bisa digunakan untuk mencetak foto.

    Merek printer yang terkenal adalah HP, Canon, Epson, dll.

Filkom unbaja

  

 

 
  Fakultas Ilmu Komputer 
UNBAJA mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada program studi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur intruksi yang sangat detail dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.